Cara Install Oracle VM VirtualBox dan VirtualBox Extensions Pack

2013-12-07 22:33:22
Kategori:

Oracle VM VirtualBox atau sering disebut dengan VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi “tambahan” di dalam sistem operasi “utama”. Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka yang bersangkutan dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows tersebut.

VirtualBox bebas didownload dan digunakan (lisensi GNU GPL versi 2) serta mendukung banyak jenis sistem operasi, baik untuk versi 32 bit maupun 64 bit, baik sebagai host, mulai sistem operasi Windows, Linux, Macintosh, dan Solaris, serta sebagai guest untuk lebih banyak sistem operasi, mulai dari Windows (NT 4.0, 2000, XP, 2003 Server, Vista, Windows 7, Windows 8), DOS/Windows 3.x, Linux (2.4, 2.6 dan 3.x), Solaris dan OpenSolaris, OS/2, sampai OpenBSD.

Daftar Isi:

  1. Instalasi VirtualBox
  2. Virtual Networking
  3. Instalasi VirtualBox Extensions Pack

1. Instalasi VirtualBox

Instalasi VirtualBox dapat menggunakan file instalasi (offline) atau secara online. Instalasi online hanya dapat dilakukan untuk hosts Linux. Untuk sistem operasi Windows (32 bit atau 64 bit), download file aplikasi VirtualBox di bagian VirtualBox for Windows hosts. Selanjutnya klik dua kali pada file aplikasi VirtualBox yang telah didownload tersebut.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya muncul layar selamat datang dalam proses instalasi VirtualBox. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Gufron Rajo Kaciak

Di bagian ini, kita dapat menentukan fitur apa yang akan diinstall atau tidak, mulai dari dukungan terhadap USB, jaringan sampai script Phyton untuk VirtualBox API. Di bagian ini kita juga dapat menentukan lokasi folder VirtualBox akan diinstall. Biarkan seluruh pengaturan folder dan fitur aplikasi yang akan diinstall. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Gufron Rajo Kaciak

Di bagian ini, kita dapat menentukan apakah cara akses VirtualBox secara cepat (shortcut) akan diinstall pada bagian desktop dan Quick Launch Bar. Aktifkan Register file associations agar file dengan ekstensi terkait VirtualBox dikenal oleh sistem operasi. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya muncul pemberitahuan, bahwa dalam proses instalasi, interface atau kartu jaringan yang ada pada komputer akan dinonaktifkan untuk sementara waktu, namun akan diaktifkan kembali secara otomatis, dengan tambahan kartu jaringan virtual bawaan dari VirtualBox. Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses instalasi.

Gufron Rajo Kaciak

VirtualBox sudah memiliki informasi yang diperlukan dan siap untuk diinstall. Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi VirtualBox.

Gufron Rajo Kaciak

Pada Windows 7 atau Windows 8, akan muncul layar pop-up User Account Control yang meminta konfirmasi apakah kita akan menginstall aplikasi VirtualBox ke dalam komputer. Klik tombol Yes untuk memulai proses instalasi.

Gufron Rajo Kaciak

Proses instalasi dan penyalinan file aplikasi VirtualBox sedang dilakukan.

Gufron Rajo Kaciak

Apabila dalam proses instalasi muncul pertanyaan terkait keamanan sistem, tandai kotak konfirmasi Always trust software from "Oracle Corporation" kemudian tekan tombol Install. Jika yang ditekan adalah tombol Dont Install maka proses instalasi akan dihentikan. Dan apabila kotak konfirmasi Always trust software from "Oracle Corporation" tidak diaktifkan, maka pertanyaan terkait keamanan akan muncul beberapa kali dan kita harus menekan tombol Install untuk menyelesaikan proses instalasi VirtualBox.

Gufron Rajo Kaciak

Layar selanjutnya menginformasikan bahwa instalasi VirtualBox sudah selesai dilakukan. Klik tombol Finish untuk keluar dari proses instalasi dan menjalankan aplikasi VirtualBox.

Gufron Rajo Kaciak

Tampilan ruangan aplikasi VirtualBox yang baru diinstall.

Gufron Rajo Kaciak

Jika sudah ada sistem operasi guest yang diinstall, maka akan ditampilkan pada layar sebelah kiri. Indikator Running pada sistem operasi guest menandakan sistem operasi guest sedang aktif. Sementara bagian sebelah kanan merupakan informasi tentang sistem operasi guest yang dipilih.

Gufron Rajo Kaciak


[newpage]

2. Virtual Networking

VirtualBox secara otomatis akan menambahkan kartu jaringan virtual, yang berguna untuk menghubungkan antara mesin virtual dengan dengan komputer fisik lain, mesin virtual dengan dengan komputer fisik sendiri (guest to host) atau pun sesama mesin virtual didalamnya (guest to guest). Dengan adanya kartu jaringan pada mesin virtual, maka kita dapat membuat simulasi jaringan menggunakan VirtualBox.

Untuk melihat interface kartu jaringan virtual dari VirtualBox, akses bagian Network Connections pada Windows.

Gufron Rajo Kaciak

Kartu jaringan virtual dari VirtualBox defaultnya dikonfigurasi secara manual dengan alamat IP 192.168.56.1

Gufron Rajo Kaciak

3. Instalasi VirtualBox Extensions Pack

Untuk memaksimalkan fitur VirtualBox, sebaiknya kita juga menginstall VirtualBox Extensions Pack. Salah satu fitur tambahan setelah instalasi paket ekstensi VirtualBox adalah shared clipboard atau berbagi simpanan yang ada pada memori, seperti teks, antara host dengan guests atau sebaliknya. Fitur lain adalah fasilitas drag and drop atau menyalin file antara host dengan guests atau sebaliknya. Selain itu, kontrol USB yang digunakan berubah dari versi 1.0 menjadi versi 2.0.

Untuk menginstall paket ekstensi VirtualBox, download VirtualBox Extensions Pack yang sesuai dengan versi VirtualBox yang digunakan. Setelah itu, klik File dan pilih Preferences.

Gufron Rajo Kaciak

Di layar pengaturan VirtualBox, klik bagian Extensions. Kemudian klik tombol Add Package.

Gufron Rajo Kaciak

Pilih file yang paket ekstensi VirtualBox. Kemudian klik tombol Open.

Gufron Rajo Kaciak

Di layar konfirmasi instalasi, akan ditampilkan versi VirtualBox Extensions Pack yang akan diinstall berikut keterangan dari file VirtualBox Extensions Pack tersebut. Klik tombol Install untuk memulai instalasi paket ekstensi VirtualBox.

Gufron Rajo Kaciak

Layar selanjutnya akan menampilkan lisensi persetujuan penggunaan VirtualBox Extensions Pack. Berbeda dengan aplikasi VirtualBox yang dirilis dengan lisensi GNU GPL versi 2 sehingga bebas didownload, digunakan atau dimodifikasi, VirtualBox Extensions Pack dirilis dengan lisensi VirtualBox Personal Use and Evaluation License (PUEL), sehingga hanya bebas digunakan untuk kebutuhan personal atau sebatas evaluasi untuk kebutuhan produksi.

Gufron Rajo Kaciak

Geser scrollbar sampai ke bawah agar tombol I Agree dan I Disagree aktif dan bisa diklik. Setelah aktif, klik tombol I Agree untuk menginstall VirtualBox Extensions Pack.

Gufron Rajo Kaciak

Jika muncul layar pop-up User Account Control yang meminta konfirmasi dalam menginstall paket Ekstensi VirtualBox (Windows 7 atau Windows 8), klik tombol Yes untuk memulai proses instalasi.

Gufron Rajo Kaciak

Tunggu sampai proses muncul informasi instalasi paket Ekstensi VirtualBox telah selesai. Klik tombol OK untuk menutup proses instalasi.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya akan ditampilkan daftar VirtualBox Extensions Pack yang sudah berhasil diinstall.

Gufron Rajo Kaciak


Tutorial ini dicetak dari: Gufron Rajo Kaciak
http://dosen.gufron.com/tutorial/cara-install-oracle-vm-virtualbox-dan-virtualbox-e/15/