Langkah-Langkah Instalasi macOS Sierra 10.12 di VirtualBox (Bagian 2)

2017-08-16 20:06:00
Kategori: Virtualisasi

macOS Sierra adalah sistem operasi terbaru untuk perangkat Mac, diperkenalkan di ajang Apple WorldWide Developer Conference (WWDC) 2016. Setelah OS X 10.11 alias El Capitan, Apple tidak melanjutkannya dengan nama OS X 10.12 Sierra, namun menggunakan nama macOS Sierra. Perubahan nama dari OS X menjadi macOS ini dibuat perusahaan asal California tersebut untuk menyamakan dengan nama sistem operasi lainnya – watchOS, iOS dan tvOS.

Tak hanya mengubah namanya, sejumlah fitur baru juga hadir pada macOS Sierra. Dari beberapa fitur yang dimilikinya, terlihat Apple mencoba mengintegrasikan antara macOS dengan iOS. Dan tak kalah pentingnya, Apple juga menyematkan Siri atau Asisten virtual pada macOS terbarunya ini. Dengan adanya Siri, pengguna bisa meminta bantuannya melalui perintah suara untuk memutarkan musik, mencarikan sebuah gambar yang ada di internet, dan masih banyak lagi.

Dalam panduan ini akan dijelaskan langkah demi langkah untuk menginstall macOS Sierra 12.10 pada VirtualBox. Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan komputer yang digunakan, terutama dalam hal kapasitas memori dan prosesor.

Sebelum melakukan langkah-langkah instalasi macOS Sierra 10.12 di bagian kedua ini, pastikan anda sudah menyelesaikan langkah-langkah di bagian pertama. Silahkan baca Panduan Instalasi macOS Sierra 10.12 di VirtualBox (Bagian 1).

Daftar Isi


5. Instalasi macOS Sierra 10.12

Langkah selanjutnya adalah menjalankan mesin virtual macOS Sierra untuk memulai proses instalasi. Saat pertama dijalankan, akan ditampilkan layar dengan latar hitam dan teks berisi informasi proses yang sedang berjalan. Tunggu sampai proses selesai.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya akan ditampilkan pilihan lokasi. Tandai opsi Show All untuk menampilkan pilihan lokasi lainnya.

Gufron Rajo Kaciak

Pilih Indonesia untuk lokasi.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya tampil opsi pemilihan keyboard yang digunakan. Tandai opsi Show All untuk menampilkan pilihan lokasi lainnya.

Gufron Rajo Kaciak

Sesuaikan dengan jenis keyboard yang digunakan.

Gufron Rajo Kaciak

Pengaturan berikutnya terkait dengan koneksi ke jaringan global. Karena mesin virtual macOS Sierra yang dibuat tidak terhubung ke Internet, maka opsi yang dipilih adalah My computer does not connected to the internet.

Gufron Rajo Kaciak

Klik tombol Continue pada popup untuk memastikan mesin virtual yang dibuat tidak terhubung ke Internet.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya opsi untuk mendapatkan salinan informasi untuk macOS yang diinstall, baik dari komputer macOS lain maupun dari komputer berbasis Windows. Pilih opsi Don't transfer any information now.

Gufron Rajo Kaciak

Berikutnya pengaturan fitur Location Services. Karena mesin virtual tidak terhubung ke Internet, biarkan dalam kondisi tidak ditandai.

Gufron Rajo Kaciak

Klik tombol Don't Use pada popup konfirmasi Location Services yang muncul.

Gufron Rajo Kaciak

Klik Agree untuk menyatakan setuju dengan ketentuan Terms and Conditions penggunaan macOS Sierra.

Gufron Rajo Kaciak

Klik tombol Agree pada popup yang muncul untuk menyatakan setuju dengan Terms and Conditions penggunaan macOS Sierra.

Gufron Rajo Kaciak

Layar selanjutnya berguna untuk pembuatan account macOS Sierra. Setelah selesai, klik tombol Continue.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya, pilih atau klik peta Indonesia untuk pengaturan zona waktu yang akan digunakan. Kemudian klik tombol Continue.

Gufron Rajo Kaciak

Berikutnya, hilangkan tanda Send diagnostics & usage data to Apple. Kemudian klik tombol Continue.

Gufron Rajo Kaciak

Layar selanjutnya pengaturan fitur Siri atau Asisten virtual. Dalam penggunaannya, fitur ini membutuhkan koneksi Internet. Selanjutnya klik tombol Continue.

Gufron Rajo Kaciak

Selanjutnya, proses instalasi macOS Sierra 10.12 akan berlangsung. Tunggu sampai proses instalasi selesai.

Setelah proses instalasi selesai, jika keyboard yang digunakan tidak terdeteksi, akan muncul popup untuk memulai proses pengenalan keyboard. Klik bagian kiri atas untuk menutup popup tersebut.

Gufron Rajo Kaciak

Proses instalasi macOS Sierra 10.12 selesai.

Gufron Rajo Kaciak

Apabila mesin virtual di restart ulang, maka kita akan diminta untuk login menggunakan account yang telah dibuat sebelumnya.

Gufron Rajo Kaciak

sumber: wikigain.com


Tutorial ini dicetak dari: Gufron Rajo Kaciak
http://dosen.gufron.com/tutorial/langkahlangkah-instalasi-macos-sierra-1012-di-virt/82/